5 Cara Bikin Anda Makin Produktif

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Anda pernah merasa kelelahan, tidak peduli berapa banyak jam kerja yang ditambahkan. Lalu seberapa keras Anda bekerja namun tidak bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Anda menyadari jika tidak berubah, hanya tinggal menunggu waktu sebelum bos memanggil anda.
Jika itu benar adanya, Anda tidak perlu khawatir. Mari simak 7 tips cara sederhana untuk membuat hari kerja menjadi super produktif. Demikian dikutip dari laman Lifehack, Minggu (26/7/2015):
1. Persiapkan pakaian
Saat jam alarm membangunkan Anda di pagi hari, maka dimulai rutinitas pagi. Anda pun tidak ingin membuang waktu berharga di awal hari hanya memutuskan pakaian yang harus dipakai. Jadi siapkan pakaian Anda malam sebelumnya. Cara ini tidak menghabiskan energi hanya untuk memilih pakaian di pagi hari. Itu juga jadi alasan mengapa Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Mark Zuckerberg selalu mengenakan pakaian sama setiap hari.
2. Rencanakan kegiatan pada malam sebelumnya
Para ahli mengatakan setiap menit yang dihabiskan dalam perencanaan menghemat 10 menit dalam pelaksanaan. Untuk menjadi  seseorang super produktif Anda harus tahu persis apa yang harus dilakukan pada waktu tertentu.
Bagaimana cara melakukannya?. Akan lebih baik jika merencanakan kegiatan untuk satu minggu ke depan. Ini akan menghemat waktu banyak. Selain menanggapi permintaan orang lain, Anda akan memiliki kontrol atas jadwal dan akhir pekan Anda. Namun, setidaknya siaakan waktu 15-30 menit pada malam sebelumnya untuk membuat rencana. Kemudian terapkan kegiatan sesuai rencana.
3. Gunakan buku agenda
Anda harus memiliki buku agenda, dan itu harus menjadi panduan kegiatan harian. Apakah Anda tahu apa hal yang paling penting dari buku agenda? Jika Anda mengatakan, untuk selalu tetap up to date dengan panduan di buku agenda.
4. Terapkan metode ABCDE dan 80/20
Prioritaskan tugas-tugas Anda dengan metode ABCDE:
Tugas A - tugas-tugas yang harus Anda lakukan hari ini, jika tidak mereka akan memberikan konsekuensi serius
Tugas B - adalah tugas yang harus Anda lakukan hari ini, jika tidak, akan memberikan konsekuensi ringan.
Tugas C - tugas yang dapat Anda lakukan hari ini, jika tidak mereka akan tidak memberikan konsekuensi.
Tugas D- tugas-tugas yang dapat Anda delegasikan kepada orang lain.
Tugas E- tugas-tugas yang Anda hilangkan. Anda tidak perlu melakukannya.
Mulai dengan tugas A yaitu paling penting. Triknya adalah untuk tidak pernah melakukan tugas B sebelum Anda menyelesaikan semua tugas A, dan jangan melakukan tugas C sebelum menyelesaikan semua tugas B Anda. Dengan mengikuti sistem ini, Anda akan mengerjakan tugas-tugas yang bermanfaat.
Selain itu, hukum Pareto mengatakan 20 persen dari tugas-tugas Anda akan menghasilkan 80 persen dari total nilai produksi. Artinya jika Anda memiliki 10 tugas segera prioritaskan, dan selesaikan 2 tugas paling penting, tugas tersebut akan berdampak 80 persen dari hasil keseluruhan.
 5. Bangun dua jam lebih awal
Penelitian menunjukkan kebanyakan orang paling produktif bangun dua jam lebih awal. Mungkin tiap orang berbeda. Beberapa orang yang paling produktif selama malam hari, sementara yang lain siang hari. Kuncinya adalah untuk mengetahui waktu produktif Anda dan kemudian gunakan waktu tersebut untuk tugas-tugas yang paling penting.
Dua manfaat tambahan bangun dua jam lebih awal adalah mendapatkan kepala lebih dingin. Selain itu, suasana lingkungan kerja juga lebih tenang. Itulah juga mengapa orang sukses seperti Richard Branson bangun pagi-pagi.
Sumber: Liputan6
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar