Alasan BPS Tunda Data Kemiskinan dan Pengangguran

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menargetkan, indeks kesejahteraan rakyat yang terdiri dari indikator meliputi tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, dan rasio gini, sekiranya tadi akan dirilis pada September. Namun, karena perubahan sampel, BPS menunda dan akan merilisnya pada November.
"Target tadinya September, bisa awal atau pertengahan, tanggal 1, 5 atau 15. Nah, sekarang sedang dilakukan survei, nanti rilisnya November," ucapnya sesuai rakor di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (25/8/2015).
Menurut Suryamin, saat ini timnya sedang bekerja keras dalam mempersiapkannya mulai dari siang hingga malam.
Kendati demikian, dia mengaku enggan mengungkapkan indeks kesejahteraan rakyat apakah akan membaik atau memburuk. Di sisi lain, kata dia, untuk angka pengangguran, tidak ada masalah karena tidak ada perubahan sampel dan akan dirilis Agustus ini.
"Nah itu nanti. Kalau tadi dikatakan pengangguran tidak ada masalah. Karena tidak ada perubahan sampel, on time. Nanti Agustus," imbuh dia.
Bagaimanapun, dia menegaskan, molornya rilis indeks kesejahteraan rakyat hanya disebabkan perubahan sampel atau responden untuk mendapatkan hasil yang lebih konsisten terhadap data populasi.
"Iya, angka estimasinya kabupaten atau kota, 500 kabupaten atau kota. Tidak ada alasan lain. Apapun hasilnya, ya itulah hasil dari pengolahan itu. Bahkan kami memperkirakan hasilnya, lebih konsisten terhadap data populasi. Makin mendekati dan besar maka akan mendekati populasi sebenarnya," terang dia.
Menurutnya, manfaat perubahan angka sampel tersebut guna mendapatkan angka tingkat kemiskinan lebih rinci di tiap kabupaten atau kota. Pasalnya, selama ini survei hanya merambah nasional atau provinsi.
"Sekaligus nanti jadi Nasional atau Provinsi atau Kabupaten atau Kota. Kalau dulu tidak ada angka Kabupaten atau Kota. Tidak cukup sampel untuk membuat estimasi hanya dengan 75 ribu," tandasnya.
Sumber: okezone
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar