DPR: Cita-Cita Kemandirian Ekonomi Masih Sebatas Wacana

PebisnisMuslim.Com, Jakarta - Cita-cita pemerintah untuk mencapai kemandirian ekonomi dinilai hingga saat ini hanya menjadi wacana yang tidak pernah terealisasi.
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zulkiflimansyah mengatakan bahwa sejak Indonesia merdeka 70 tahun lalu, cita-cita menuju kemandirian ekonomi ini belum mampu dicapai meski telah beberapa kali berganti pemerintahan.
"70 tahun merdeka, kemandirian ekonomi jangan hanya sekadar wacana. Kalau kita selalu mengatakan bahwa prosesnya panjang, ya sampai kapan nggak akan mulai," ujarnya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/8/2015).
Zulkifli menyatakan, bahkan dalam pidato kenegaraan Nota Keuangan 2016 di Gedung DPR/MPR kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyinggung peningkatan ekspor bernilai tambah.
"Kita mau misalnya meningkatkan nilai tambah supaya tidak lagi mengekspor bahan mentah. Bikin smelter saja satu contoh," lanjut dia.
Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan Hendrawan Supratikno yang menyatakan meski telah berganti presiden, Indonesia tetap akan sulit menuju kemandirian ekonomi jika masih bergantung pada impor dan terus membiarkan bahan baku serta produk di dalam negeri tak didorong perkembangannya.
"Ekspor komoditi yang murah, tapi kita impor barang jadi. Itu jadi kita rugi dua sisi. Ini ganti Menteri Keuangan, ganti Presiden, templatenya tetap sama," tandas dia.
Sumber: Liputan6
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar