Mengenal Remarketing

Remarketing terdengar kompleks namun mudah dipahami. Inti remarketing sudah jelas, yakni teknik daring yag dipakai untuk "memasarkan kembali" pada orang yang sudah Anda coba untuk ajak membeli namun belum berhasil.
Meyakinkan orang untuk bertindak dan membeli biasanya tidak cuma dibutuhkan satu kali upaya. Dan remarketing memberikan Anda peluang menarik konsumen yang masih ragu dengan iklan yang telah disesuaikan dan tawaran menarik yang berhubungan dengan pengalaman mereka di situs daring Anda. Dengan remarketing, Anda mendapatkan peluang lain untuk membuat calon konsumen ini membeli yang Anda jual.

Apa itu remarketing?

Ingatlah terakhir kali Anda berbelanja di dunia maya namun belum menyelesaikan pembelian. Anda mungkin melewatkan transaksi pembayaran dan entah sengaja atau tidak lupa membayar karena memutuskan untuk melihat-lihat dulu. Anda klik banyak iklan dari situs lain pula untuk mendapatkan barang yang Anda idamkan.
Iklan ditayangkan untuk Anda dengan tujuan utama menarik Anda kembali ke situs semula dan menyelesaikan transaksi.
Remarketing membuat Anda dapat mengelompokkan audiens dari pengunjung situs daring Anda sebelumnya dan memberikan iklan yang relevan bagi pencarian dan kampanye berdasarkan tindakan yang telah dilakukan orang di situs Anda. Remarketing bisa bekerja dengan baik karena iklan ini bisa tersebar di seluruh dunia maya. Koneksi ini membuat konsumen yang masih gamang akan terdorong membeli.

Bagaimana UMKM bisa menggunakan remarketing?

Jadi bagaimana Anda bisa memanfaatkan secara maksimal metode remarketing ini?
Ada banyak cara untuk memasarkan kembali dan alat-alat itu akan membantu Anda memulai. Platform remarketing akan mengurus semua detil teknisnya, dari cookies, monitoring, niat pembelian, dan sebagainya.
Misalnya, Google dikenal dengan remarketing di Adwords. Chango khusus bergerak dalam pembidikann ulang pencarian (search retargeting). AdRoll menawarkan produk yang ditargetkan ulang dan Perfect Audience bertujuan membuat retargeting lebih mulus.
Di samping itu, Anda bisa memilih apakah membidik konsumen yang hilang melalui surel, blog, Facebook, YouTube, Twitter dan platform jejaring sosial lainnya. 
Platform remarketing yang terbaik bagi bisnis Anda tergantung pada jenis bisnis yang Anda kerjakan. Selalu waspada dengan upaya marketing digital dari para pesaing agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam kampanye Anda.

Apakah perlu menyewa jasa agensi marketing?

Satu kata nasihat: remarketing yang bagus membutuhkan bantuan dari agensi eksternal. Banyak entrepreneur bisa mempekerjakan tenaga outsourcing untuk aktivitas remarketing ini namun yang lebih penting ialah karena Anda benar-benar memahami analytics perilaku belanja daring.
Jika Anda memutuskan menyewa tenaga agensi digital atau menangan remarketing mereka akan memahami bagaimana coockies bekerja di situs daring bersamaan dengan aturan dan regulasi. Yang terpenting, Anda mendapatkan data daring pengunjung Anda, yang membutuhkan pemahaman batasan regulasi yang harus ditegakkan.

Bagaimana saya tahu remarketing yang dibutuhkan bisnis saya? 

Jika Anda menjalankan UMKM yang menjual produk secara daring, remarketing mungkin sebuah investasi yang berguna sekali. Loews Hotels, sebuah brand hotel mewah, yang juga studi kasus bagi Google menggambarkan kekuatan remarketing untuk bisnis perjalanan dan wisata.
“Meski Loews Regency Hotel berinvestasi sedikit dalam marketing daring, properti ini memutuskan untuk mengalihkan anggaran cetak yang tersisa pada kanal digital -- yakni iklan di Google, Remarketing dan Audiens yang Sama…,” menurut  Google.
Loews Hotels alami kenaikan pemasukan hingga 60 persen untuk Loews Regency Hotel dan 57% lebih banyak pemesanan selama kampanye yang berlangsung 3 bulan. Biaya akuisisi menurun 90 persen. "Juga ada banyak sekali contoh remarketing yang menunjukkan manfaatnya."
Jika Anda memutuskan menginvestasikan dana dalam remarketing untuk UMKM Anda, menggunakan remarketing sungguh bisa membantu namun Anda harus tahu tekniknya untuk mengubah sesedikit mungkin situs online Anda. Pastikan habiskan waktu dengan pengembang web Anda atau agensi marketing daring Anda untuk memastiakn tercapainya hasil maksimal.
Sumber: ciputraentrepreneur.com
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar