Menilik Prospek Bisnis si Kayu Manis

PebisnisMuslim.Com - Sekarang ini banyak ditemukan pedagang es tebu yang membuka lapaknya di pinggir jalan atau di rumah sendiri yang kebetulan berada di pinggir jalan besar. Model bisnis berjualan es tebu ini ternyata juga ada yang berupa waralaba dengan sistem kemitraan. Meskipun mungkin harga per porsi nya terhitung murah, namun mari coba kita urai di bawah ini prospek bisnis nya.
Kenapa harus bisnis es tebu? ya tidak harus lah, tapi bisnis ini termasuk yang potensial untuk dijalankan. Es tebu pada awal kemunculannya seperti bisnis musiman atau trend sesaat. Namun ternyata, dari banyaknya kedai es tebu tersebu masih tetap bertahan bahkan laris manis hingga saat ini. Lalu bagaimana hitung-hitungan untung ruginya, berapa modal yang harus dipersiapkan dan berapa lama modal bisa kembali dan menguntungkan? Untuk memulai bisnis es tebu, yang dibutuhkan adalah mesin penggilingan atau untuk memeras tebu. Mesin penggilingan kecil harganya kurang lebih 6 juta dan gerobak 2 juta. Jika teman-teman berjualan di rumah, juga tidak perlu gerobak. Atau kalau di penjual es tebu dekat saya, tidak memerlukan gerobak, hanya meja kecil.
Untuk harga, masing-masin penjual es tebu tidak sama. Ada yang menjual dengan porsi kecil ada juga yang menjual dengan porsi sedang. Untuk porsi kecil kisaran harga 1000 sampai 2000 rupiah, sedangkan untuk porsi sedikit besar, harganya 3000 sampai 4000 rupiah. Nah, untuk omzet sendiri, dalam sehari rata-rata bisa menjual kurang lebih 50 sampai 100 porsi. Ini rata-rata kotor yang bisa didapat dalam setiap hari, belum pendapatan ketika ada sebuah event tertentu. Karena kebetulan penjual es tebu di dekat rumah itu lokasinya dekat dengan lapangan olahraga. Jika ada event tertentu, penjualan bisa meningkat bahkan bisa sampai tiga kali lipat karena pengunjung yang datang lebih banyak. Dari besarnya penjualan di atas, bisa diambil keuntungan bersih mencapai 60% loh. Jika melihat prospek seperti ini, tentu bisnis berjualan es tebu adalah bisnis yang potensial. Tips dan Saran
Untuk Memulai Bisnis Es Tebu Jika teman-teman berminat untuk menjalani bisnis ini, ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian teman-teman. Perhatikan beberapa tips dan saran di bawah ini, untuk membantu teman-teman membuka bisnis es tebu.
1. Persiapan Mindset Ini yang paling penting persiapkan mindset atau lebih tepatnya mental dalam menjalankan bisnis ini. Karena terkadang bisnis ini sampai saat ini masih dianggap bisnis murahan dan terkesan kacangan. Tentu nantinya akan banyak yang sinis dan apatis memandang bisnis yang sedang teman-teman tekuni, apalagi jika teman-teman termasuk yang mempunyai pendidikan tinggi.
2. Mencari Supplier Tebu Carilah supplier tebu untuk menyuplai tebu dengan konsisten. Pilih supplier dengan tebu kualitas baik namun dengan harga yang lebih murah dari pada supplier yang lain.
3. Perhatikan Lokasi Jualan Es Tebu Pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam berjualan es tebu. Pilihlah tempat yang banyak terdapat aktifitas fisik, karena umunya mereka akan lebih mudah haus. Bisa di dekat sekolah, tempat olahraga atau di dekat pasar.
4. Lakukan Promosi Promosi mutlak diperlukan untuk mendukung bisnis es tebu teman-teman. Promo bisa dengan brosur dan selebaran, atau jika teman-teman aktif di media sosial gunakan saja untuk melakukan promosi untuk bisnis es tebu teman-teman. Meski masih terbilang kecil, bukan berarti promosi tidak perlu dijalankan. Minimal orang akan mulai mengenal dan mungkin akan tertarik mencoba.
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar