Daftar Negara yang Paling Kompetitif di Dunia

PebisnisMuslim.Com, New York - Daya saing sebuah negara ditentukan banyak hal. Negara yang punya daya saing dinilai lebih tahan terhadap guncangan, dan punya pondasi ekonomi yang cukup kuat.
Forbes di tahun ini merilis dereta negara dengan daya saing tertinggi. Amerika Serikat berada paling puncak dalam daftar tersebut.
Setiap tahun, IMD World Competitiveness Center melakukan studi dan menentukan negara-negara dengan daya siang yang paling tinggi. Studi itu didukung data akurat dari IMF dan Bank Dunia dan survei data dari eksekutif yang tinggal dari beberapa negara.
Studi itu menilai berdasarkan beberapa kriteria, di antaraya kinerja ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, dan infrastruktur.
Tahun ini adalah kedua kalinya Negeri Paman Sam mendapat predikat tersebut. Sementara negara dari Asia juga Eropa berada dalam daftar. Sayangnya, Indonesia belum masuk dalam daftar tersebut.
"Ekonomi Amerika Serikat sangat tahan pada guncangan," ujar Direktur IMD, Professor Arturo Bris, dikutip dari Forbes, Jumat (25/9/2015).
"AS punya sektor finasnial yang luar biasa, memberikan modal pada usaha kecil, menengah dan besar. Terlebih, AS juga punya infrastruktur terbaik. Negara itu sangat besar, dan sulit untuk dikalahkan," imbuhnya.
Berikut daftar 15 negara paling kompetitif atau berdaya saing tinggi:
1. Amerika Serikat
2. Hong Kong
3. Singapura
4. Swiss
5. Kanada
6. Luxemburg
7. Norwegia
8. Denmark
9. Swedia
10. Jerman
11. Taiwan
12. UAE
13. Qatar
14. Malaysia
15. Belanda
Sumber: Liputan6
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar