INDEF: Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga Di Level Konsumen

PebisnisMuslim.Com, Jakarta, 9 Muharram 1437/22 Oktober 2015 – Diretur Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), Eny Sri Hartati menyatakan pemerintah harus menjaga stabilitas harga pangan (kebutuhan pokok) terutama di level konsumen (masyarakat).
” Catatan evaluasi INDEF dalam satu tahun kinerja Jokowi-JK adalah memenuhi harapan yang paling dasar bagi masyarakat, yaitu adanya stabilitas harga kebutuhan pokok dan kemudahan masyarakat di level konsumen untuk melakukan berbagai usaha, ” kata Eny di Jakarta, Rabu.
“Pemerintah harus melakukan perubahan-perubahan mendasar untuk melakukan pembangunan infrastruktur  untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik,”ujarnya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA).
Dalam seminar bertema “Ekonomi Indonesia: Apakah menuju Krisis?” Eny mengatakan semua paket kebijakan, berorientasi mendorong investasi, tentu hasilnya tidak bisa dilihat seketika, jadi masyarakat harus sadar akan ada perbaikan dimasa mendatang.
“Indikator  perubahan harus bisa dirasakan masyarakat dalam jangka pendek. Jadi mereka merasakan langsung dampak kebijakan itu,” tambahnya.
Eny menekankan, stabilitas harga yang dimaksud adalah kebutuhan pangan terutama beras. “Ini yang harus diperhatikan sebagai hal yang paling mendasar,” lanjutnya.
Baru baru ini, terjadi konflik di kalangan para pemangku kebijakan. Di satu sisi ada menteri yang mengatakan produksi beras surplus, tetapi dari pihak distributor menyatakan kurang. Ini hanya perbedaan data saja, bukan masalah prinsip. Tinggal dicari data validnya, lalu ambil keputusan,” jelasnya.
Data Kementerian Pertanian (Kementan) dan kementerian Perdagangan berbeda mengenai data beras. Hal itu karena kurangnya koordinasi.
Dampak kebijakan ekonomi sejatinya yang paling merasakan adalah masyarakat di level menengah ke bawah. Jadi mereka harus menjadi perhatian utama pemerintah.
Jadi yang paling penting menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah adalah menyelesaikan masalah tadi,” tutup Eny.
Sumber: MINA
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar