Pemerintah Sebar Ribuan Traktor Gratis di Sumsel

PebisnisMuslim.Com - Petani di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), hari ini kebanjiran alat dan mesin pertanian modern secara gratis. Ribuan traktor pengolah tanah hingga mesin tanam dan mesin panen modern 'diguyur' oleh pemerintah pusat ke petani dalam rangkaian kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

"Ini ada transplanter, combine harvester, traktor roda empat, dan transplanter. Alat olah tanah, alat tanam dan alat panen otomatis," jelas Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Gatot Irianto di Desa Palu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (17/10/2015).

Menurut Gatot, mekanisasi atau penggunaan alat-alat modern untuk bertani di Kabupaten Ogan Ilir bukan hal baru namun penggunaan sebelumnya belum optimal.

"Mekanisasi sebelumnya sudah ada, tapi belum maksimal. Kami ingin pakai alat roda empat supaya orang nggak nginjak tanah, nggak kepanasan. Bayangin jalan kaki di sawah ini kan berat. Ada alat yang nggak nginjak tanah," jelasnya.

Dengan menggunakan alat pertanian modern tersebut, Gatot menyebut petani bisa hemat waktu, hemat tenaga dan hemat biaya. Selain itu, produktivitas pertanian bisa meningkat.

"Satu petani menggarap 2 hektar. Ini akan lebih produktif kalau galengan (saluran air) bisa mereka satukan. Kalau satu kan nggak pakai berhenti, bisa maju terus airnya," tuturnya.

Pada hari ini, Wapres JK mendatangi lokasi tanam serempak di Ogan Ilir JK tampak didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Komunikasi Rudiantara, jajaran eselon I Kementerian Pertanian, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustun, serta Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti. Selain mengikuti acara tanam, JK juga menyerahkan secara simbolis pertalatan pertanian modern kepada petani.

Berikut bantuan alat mesin pertanian dan pendanaan yang diberikan Kementan kepada petani di Sumsel:
  • Transplanter 1.288 unit
  • Combine harvester kecil 191 unit
  • Cultivator 190 unit
  • Power trasher 127 unit
  • Vertical dryer 29 unit
  • Traktor roda dua 2.129 unit.
  • Traktor roda empat 133 unit
  • Bantuan pembangunan rumah UPPO dan Biogas Rp7,45 miliar
  • Bantuan saprodi benih Rp 42,3 miliar
Sumber: detikfinance
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar