Rupiah Melemah, Tapi Jamaah Umrah Malah Bertambah

Kendati nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah, tetapi hal ini tidak berpengaruh terhadap bisnis travel penyelenggara perjalanan umroh dan haji.
Tercatat masyarakat Indonesia untuk akhir tahun ini sampai pertengahan tahun 2016 mendatang masih banyak yang melaksanakan umroh.
“Walau dollar naik tetapi minat masyarakat Indonesia untuk beribadah umroh tetap tinggi,” kata Andika Surachman, Direktur Utama First Travel di Masjid Istiqlal, Jakarta, belum lama ini seusai acara Manasik Umroh 2016 & Dzikir Akbar First Travel.
Andika mengakui, melemahnya nilai tukar rupiah sedikit banyaknya mempengaruhi usahanya tersebut. Tapi, ia mensiasati hal tersebut dengan beberapa cara.
“Kita menekan biaya operasional dan menaikan harga juga, tapi kenaikan untuk biaya umrah masih terjangkau dan kita jelas mengukur kemampuan jamaah,” pungkasnya.
Sementara itu, untuk periode pemberangkatan akhir 2015 sampai pertengahan tahun 2016, First Travel terhitung mulai berdiri sejak Juli 2009 akan memberangkatkan lebih dari 30 ribu jamaah.
“Sekitar 35 ribu jamaah umrah akan berangkat pada periode awal Desember 2015 dan akan berakhir Mei 2016 melalui First Travel,”tambah Andika Surachman.
Menurutnya tahun ini, jamaah umroh yang berangkat masih akan bertambah. “Alhamdulillah jamaah yang berangkat tahun ini sama dengan tahun lalu, insyallah masih bisa bertambah lagi menjelang awal tahun 2016,”katanya.
Menjelang keberangkatan, First Travel menggelar Manasik Umroh dan Dzikir Akbar yang diikuti oleh puluhan ribu orang di Masjid Istiqlal Jakarta. Dzikir Akbar yang bersamaan dengan Manasik, agar seluruh jamaah dapat lebih khusyuk dalam persiapan menghadapi perjalanan umroh nantinya.
Pada acara manasik ini jamaah akan mengetahui tentang tata cara pelaksanaan ibadah umroh sesuai rukun-rukunnya, melalui peragaan dan penjelasan yang akan diberikan oleh pembimbing manasik H Mughiroh Subhan, dari sebelum keberangkatan ke Tanah suci sampai kembali ke Tanah Air.
Seperti diketahui, November 2014 lalu Fisrt Travel pernah mendapar rekor MURI untuk peserta manasik umrah terbanyak yakni 20.000 orang di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Saat itu kegiatan Manasik tersebut untuk musim umroh 1436 H/ tahun 2015.
Sumber: Hidayatullah
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar