Pemko Luncurkan Baitul Qiradh

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh, Senin (11/9) besok, akan meluncurkan Lembaga Baitul Qiradh sebagai solusi meminimalisir praktik rentenir yang masih terjadi di Kota Banda Aceh. Lahirnya Baitul Qiradh yang direncanakan akan efektif beroperasi pada 2018 mendatang itu bertujuan membantu dunia usaha dalam hal permodalan.

Demikian diungkapkan, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat membuka pengajian subuh berjamaah di Masjid Agung Al-Makmur Lampriek, Banda Aceh, Sabtu (9/9). “Insya Allah peluncuran awal atau soft launching lembaga ini akan kita gelar Senin 11 September. Semoga dapat efektif beroperasi pada 2018 mendatang,” kata Aminullah.

Dijelaskan, hingga saat ini masih banyak masyarakat menggunakan jasa rentenir, terutama para pedagang untuk menambah modal kerja. Selain merugikan masyarakat, karena praktok rentenir, memberi pinjaman dengan kosekwensi bunga tinggi yang harus dikembalikan, praktik rente tersebut juga dilarang dalam Alquran,” pungkas Aminullah.

Pengajian yang dibuka Wali Kota Banda Aceh itu, mengangkat topik ekonomi syariah dengan menghadirkan Prof Dr H Syahrizal Abbas MA. Ia pun mengharapkan dari melalui pengajian itu dapat menambah pengetahuan dalam menjalankan sistem ekonomi, sesuai tuntutan Alquran dan Hadist. Lalu masyarakat bisa mulai beralih menggunakan layanan perbankan syariah agar terhindar dari praktik riba. “Banyak bank yang sudah menerapkan sistem syariah, satu di antaranya Bank Aceh yang menerapkan sistem full syariah sejak 2016 lalu. Ke depan, kita harap masyarakat dapat menerapkan dalam kehidupannya, selain memahami konsep ekonomi syariah secara utuh,” ungkap Aminullah yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh ini. []
Sumber: Tribunnews
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar