Indef: Dunia Menuju Krisis, tapi Masih Bisa Ditangani


Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) M Rizal Taufikurahman menyebutkan, situasi perlambatan ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) sudah menjadi gejala yang mengarah ke krisis ekonomi. Tapi, apabila penanganannya tepat, gejala ini bisa sembuh dan krisis tidak akan terjadi.

Kunci utama dalam penanganan situasi sekarang adalah penyetopan penyebaran virus agar tidak menjalar lebih luas. Rizal mengatakan, kebijakan refocusing dan realokasi anggaran dari pos eksisting ke pos public health spending (PHS) menjadi kunci utama.

"Tinggal keberanian pemerintah saja untuk eksekusinya," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (27/3).

Salah satu pos yang dapat dimanfaatkan adalah anggaran untuk infrastruktur, baik di daerah maupun pusat. Pembangunan yang bersifat tidak penting sebaiknya segera dialihkan untuk PHS. Rizal mengatakan, PHS yang optimum menjadi urgent dalam situasi pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut diiringi dengan insentif untuk menjaga konsumsi masyarakat dan stimulus produksi industri. Diketahui, kedua aspek ini menghadapi tekanan besar dengan penurunan aktivitas ekonomi akibat kebijakan social distancing dan working from home sekarang.

Rizal mengakui, pemerintah masih cenderung lambat untuk menahan wabah Covid-19, sehingga kodnisinya jauh lebih berat. Idealnya, sejak Desember atau awal tahun, pemerintah sudah menyiapkan berbagai skenario kebijakan dan dampak risiko secara minimal. []

Sumber: Republika
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar