Kurs Riyal Tembus Rp 4.100, Terkuat Sepanjang Sejarah!

Jakarta - Nilai tukar riyal Arab Saudi (SAR) melesat tajam melawan rupiah pada perdagangan Kamis (19/3/2020) hingga mencapai level tertinggi sepanjang sejarah. Aksi jual di pasar keuangan Indonesia terus membebani nilai tukar rupiah.

Pada pukul 10:00 WIB, SAR 1 dibanderol Rp 4.102 di pasar spot. Berdasarkan dara dari Refinitiv, level tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Sepanjang tahun ini, rupiah kini melemah lebih dari 10%, padahal di bulan Januari lalu Mata Uang Garuda sempat menguat lebih dari 2% dan menyentuh level terkuat dalam 2 tahun melawan riyal. 

Pandemi virus corona (COVID-19) yang terus menyebar membuat aksi jual terjadi di bursa saham global.

Lebih dari 150 negara terpapar COVID-19, menjangkiti level dari 217.000 orang, dengan 8.800 orang meninggal dunia. Banyak negara kini menerapkan kebijakan lockdown, aktivitas ekonomi menjadi menurun drastis, dan pertumbuhan ekonomi berisiko melambat, bahkan terancam mengalami resesi global.

Akibatnya, aksi jual terus melanda pasar keuangan dalam negeri. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mengalami penghentian perdagangan sementara (trading halt) selama 30 menit pagi ini, setelah ambles 5,01% dan menyentuh level terlemah sejak September 2015.

Sejak awal tahun, sejak awal tahun atau secara year-to-date (YTD) terjadi capital outflow sebesar Rp 9,28 triliun. Sementara di pasar obligasi, nilainya adalah Rp 78,76 triliun.

Pergerakan rupiah memang sangat rentan oleh keluar masuknya aliran modal (hot money) sebagai sumber devisa. Sebabnya, pos pendapatan devisa lain yakni transaksi berjalan (current account), belum bisa diandalkan. Sejak tahun 2011 transaksi berjalan RI sudah mengalami defisit. Praktis pasokan valas hanya dari hot money, yang mudah masuk-keluar.

Ketika hot money masuk deras ke RI seperti bulan Januari lalu, rupiah akan perkasa. Sebaliknya jika terjadi outflow rupiah pun KO.

Sumber: CNBC Indonesia
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar