Pasar Smartphone Anjlok 48%, Xiaomi Memimpin

Jakarta - Data terbaru dari perusahaan riset Canalys mencatat bahwa pasar smartphone di India mengalami kontraksi nyaris 50% pada Q2 2020. Lumpuhnya aktiitas ekonomi di tengah pandemi Covid-19 telah membuat pengiriman ponsel di negara tersebut turun 48% menjadi 17,3 juta unit. 

Dilansir dari South China Morning Post, produk ponsel China, yakni Xiaomi masih memimpin pasar di posisi teratas dengan pengiriman mencapai 5,3 juta unit hingga Juni 2020. Sayangnya, angka tersebut pun tercatat turun 48% secara tahunan.

Bersama dengan Xiaomi, ada empat merek ponsel lain dengan jumlah pengiriman terbanyak pada periode tersebut, yakni Vivo, Samsung, OPPO, dan Realme. Merek-merek tersebut mengalami penurunan pengiriman setidaknya 27% jika dibandingkan dengan kinerja tahunan. 

"Vendor smartphone menghadapi situasi yang kejam di kuartal ini, berurusan dengan pasokan rendah karena penghentian total produksi dan permintaan berkurang karena pengecer online dan offline dilarang menjual smartphone," tulis laporan tersebut dikutip pada Senin, 20 Juli 2020.

Selain Covid-19, sentimen lain yang turut memengaruhi pasar smartphone ialah sengketa perbatasan yang mematikan antara China dan India pada bulan lalu. Insiden tersebut pun berujung pada pemboikotan teknologi China dan ada banyak hal lain yang ikut dipertaruhkan. []

Sumber: Warta Ekonomi
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar