KAI Gandeng Bluebird Integrasikan Layanan


PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Blue Bird Tbk untuk memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan pelanggan Rail Express. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun ke-75 KAI pada 28 September 2020. Sebagai tahap awal, jangkauan dari kolaborasi di kedua layanan ini akan diimplementasikan di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya sebelum diimplementasikan ke seluruh kota dari layanan operasional KAI dan Bluebird.

Kerja sama ini diresmikan langsung Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI, bersama Noni Purnomo, Direktur Utama Blue Bird di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pada Rabu, 16 September 2020. Acara ini dihadiri pula Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi, Direktur Blue Bird, Sigit Djokosoetono, dan Chief Transformation Officer Blue Bird, Paul Soegianto. “Inovasi ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI. Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh,” ujar Didiek di Jakarta pada Rabu pekan ini.

Didiek menjelaskan pengembangan aplikasi dan layanan ini untuk mendukung bisnis KAI yang fokus mengimplementasikan transformasi digital di masa mendatang. “Kerja sama ini merupakan sinergi sangat baik antara BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dalam menghadirkan jaringan antar moda yang saling terintegrasi guna turut serta memajukan industri transportasi di Tanah Air," ujar Noni.

Peningkatan aksesibilitas layanan penumpang dengan integrasi layanan antara kedua belah pihak itu adalah KAI menawarkan aksesibilitas ekstra bagi para pelanggan yang menggunakan aplikasi KAI Access. Pelanggan akan mendapatkan pilihan untuk memesan layanan taksi Bluebird pada aplikasi tersebut. Dengan demikian fitur ini memberikan kepastian dan kenyamanan tambahan kepada penumpang untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhirnya. Ke depannya, layanan ini akan dikembangkan untuk melayani kebutuhan layanan taksi penumpang untuk melakukan perjalanan dari lokasi penjemputan awal menuju ke stasiun keberangkatan.

Multi-channel booking Bluebird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng). “Kualitas dari armada dan pelayanan para pengemudi akan menjadikan Bluebird sebagai penghubung tanpa kendala dari setiap perjalanan dengan KAI, serta memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, aman dan terpercaya kepada setiap penumpang,” ujar Noni sembari berharap dalam waktu dekat kerja sama ini dapat dilanjutkan hingga layanan First Mile atau transportasi penjemputan awal.

Didiek menambahan peningkatan integrasi antar moda di stasiun, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk mendapatkan layanan multi-channel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat mengunduh versi terbaru dari aplikasi KAI Access. Ketika melakukan pemesanan, pelanggan dapat langsung memesan taksi Bluebird dari stasiun tujuan ke lokasi tujuan akhir di aplikasi KAI Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi.

Didiek menjelaskan kerja sama dengan Bluebird akan menawarkan kemudahan ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Express untuk mengirim barang. Saat mengantarkan barang ke loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird. “Hal ini memudahkan, karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah, dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga,” tambahnya.

Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen) menuju wilayah Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun 3 Surabaya Pasar Turi). Pembayaran dilakukan oleh pelanggan di loket Rail Express stasiun keberangkatan.

Sebagai tambahan, Hari Ulang Tahun KAI yang pertama kali didirikan di 28 September 1945, maka KAI dan Bluebird memberikan program menarik berupa pembagian voucher Bluebird kepada 1.945 pelanggan. Pembagian voucher senilai Rp 15 ribu akan diberikan kepada pelanggan yang menggunakan taksi Bluebird melalui KAI Access dari stasiun kedatangan menuju ke tempat tujuan akhir. Program ini dimulai dari 16 September 2020 hingga 1.945 voucher ini habis dibagikan kepada para pelanggan di keempat stasiun KAI di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Pada kesempatan terpisah, Aninda Perdana, General Manager of Corporate Communications Bluebird menyampaikan Bluebird telah melakukan koordinasi secara internal dalam memastikan protokol kesehatan di fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. “Oleh karena itu, perusahaan telah melakukan sosialisasi kepada para pengemudi mengenai jumlah batasan penumpang,” ujar Aninda di Jakarta, (15/9/2020).

Emiten transportasi yang sahamnya bersandi BIRD ini menerapkan tindakan preventif untuk mencegah penyebaran wabah pandemi Covid-19, mulai dari pembersihan armada secara menyeluruh, rutin mengecek kondisi pengemudi guna memastikan kebugaran ketika beroperasi, dan penyediaan hand sanitizer di armada. []


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar