Jokowi: Pertanian Sumbang Tertinggi Pertumbuhan Ekonomi


JAKARTA
– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, di masa pandemi ini sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional yang tengah mengalami perlambatan. Ia menyebut, sektor pertanian tumbuh positif sebesar 16,24 persen di kuartal II.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas korporasi petani dan nelayan dalam mewujudkan transformasi ekonomi melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/10).

“Di kuartal kedua sektor pertanian tumbuh positif sebesar 16,24 persen dan pertumbuhan positif di sektor pertanian ini perlu kita jaga momentumnya sehingga bisa berdampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan petani maupun nelayan,” ujar Jokowi.

Karena itu, dalam ratas ini, Jokowi pun meminta agar kesejahteraan petani maupun nelayan dapat ditingkatkan melalui pembentukan korporasi bagi petani dan juga nelayan. Melalui korporasi ini, petani dan nelayan diharapkan memiliki akses yang lebih mudah ke pembiayaan, informasi, maupun teknologi, serta dapat meningkatkan efisiensi dan memperkuat pemasaran.

“Pola pikir juga perlu berubah tidak semata-mata fokus pada on farm tapi bergerak pada out farm sisi pasca panen, sisi bisnisnya. Yaitu dengan membangun proses bisnis dari produksi sampai pasca panen,”kata dia.

Jokowi menilai, implementasi modal korporasi petani dan nelayan selama ini belum berjalan optimal. Meskipun terdapat kelompok-kelompok tani ataupun nelayan, namun belum terbangun sebuah modal bisnis yang memiliki ekosistem dan dapat disambungkan dengan perusahaan-perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta besar lainnya.

“Yang kita perkuat adalah ekosistem bisnisnya yang dilakukan secara terpadu,” ucapnya. []

Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar