Uncategorized

Jasa Pembuatan Website: Peluang Usaha dan Analisanya

Di dunia digital, peran website semakin berkembang dan merambah ke berbagai bidang yang sebelumnya tidak menggunakan website. Hal itu menjadi berkah tersendiri untuk kamu yang tertarik dengan peluang usaha bisnis jasa pembuatan website ini.

Usaha ini dinilai sangat menjanjikan mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Sebelum memulai bisnis, kamu harus tahu lebih dahulu kiat-kiat memulai bisnis jasa pembuatan website. Simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Kiat-Kiat Memulai Usaha Bisnis Jasa Pembuatan Website

1. Ciptakan Brand Usaha

Brand dalam dunia bisnis sangat berperan penting, karena menjadi identitas yang membedakan kamu dari kompetitormu.

Brand ini juga yang kemudian akan diingat masyarakat dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, ciptakan brand semenarik mungkin yang mudah diingat masyarakat.

Brand yang unik juga akan membuat produk kamu lebih dikenal luas masyarakat, karena biasanya masyarakat akan memperkenalkan brand terlebih dahulu dibandingkan dengan produknya.

Tak hanya itu, brand juga akan membuat bisnis terlihat lebih berkelas dan profesional, sehingga masyarakat lebih percaya dengan brand yang kamu punya.

2. Buat Website Company Profile

Tentu sangat lucu jika perusahaan atau bisnis kamu tidak memiliki website company profile yang bisa dijangkau masyarakat.

Usaha pembuatan website tentu bukanlah usaha yang dipromosikan dengan selebaran kertas brosur, bukan? Melainkan usaha yang juga berada di dunia maya, yakni internet.

Oleh karena itu, buat website company profile yang menarik, seperti memulai dengan freelancer web developer atau hal lain yang bisa menunjukkan, bahwa kamu terjun di dunia bisnis ini dengan pengalaman dan skill.

Brand yang tadi dibuat bisa ditunjukkan di sini untuk membangun reputasi.

Tampilkan portofolio, kontak, serta hal lain yang dianggap penting bagi keberlangsungan hubungan antara konsumen dan kamu.

3. Maksimalkan Media Sosial

Selain membuat company profile, membuat akun media sosial untuk usaha kamu juga bisa membuat peluang usaha bisnis jasa pembuatan website kamu menjadi lebih besar.

Kamu bisa lebih mudah melakukan promosi jasa pembuatan website yang dilakukan melalui media sosial ini, mengingat media sosial memiliki pemirsa yang tak sedikit.

Buat akun berdasarkan brand kamu, bukan akun pribadi, karena yang akan kamu perkenalkan bukan dirimu melainkan usaha yang hendak dijalankan.

Dalam hal ini buatlah Lama Facebook atau Fan Page. Atau Instagram Business.

Tentukan juga platform media sosial mana yang akan digunakan yang sekiranya memiliki banyak pengguna sesuai target usaha kamu.

4. Tentukan Target Bisnis

Target pasar menjadi hal yang sangat penting bagi suatu bisnis di bidang apa pun, karena kamu akan lebih fokus kepada siapa usaha kamu akan ditujukan.

Kaitannya dengan jasa pembuatan website, target pasar yang paling umum adalah perusahaan, pribadi, organisasi, maupun instansi pemerintah. Tak hanya skala nasional, usaha ini juga bisa dilakukan dalam skala yang lebih besar lagi dari itu.

Tanpa menentukan target pasar, kamu akan kesulitan mengembangkan serta memasarkan produk, karena bisa jadi kamu salah sasaran. Contohnya, menawarkan jasa pembuatan website kepada pedagang kecil tentu lebih sulit jika dibandingkan menawarkannya pada organisasi besar.

Nah, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menentukan siapa target pasar yang akan dituju, kamu bisa menerapkan teknik buyer persona.

Yang dimaksud dengan buyer persona adalah sosok imajiner yang menjadi klien dengan beberapa data yang dimilikinya, seperti nama, faktor demografi, kebutuhan, serta kemampuan yang dimiliki dalam membeli produk usaha kamu.

5. Menentukan Jenis Jasa yang Ditawarkan

Menentukan jenis jasa secara spesifik yang bisa ditawarkan usaha kamu juga menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam membuka usaha bisnis jasa pembuatan website.

Profesionalitas kamu akan dinilai di sini, untuk itu sesuaikan dengan apa yang ada dan tidak mengada-ada.

Misalnya, kamu bisa menawarkan pembuatan website dengan cara manual dari nol sesuai dengan kemampuanmu, atau bisa juga menawarkan jasa membangun website khusus yang memakai platform WordPress, Blogspot, dan yang lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasa desain website yang memiliki permintaan tak kalah banyak dari sekadar membangun website saja.

Intinya, ada banyak bidang yang bisa kamu tawarkan untuk membangun usaha kamu dari bawah, kuncinya adalah sesuaikan dengan skill yang dimiliki.

Percuma saja jika usahamu menawarkan banyak jasa, namun tidak bisa dikerjakan dengan maksimal dan justru membuat klien kecewa akan hasil yang didapatkan.

6. Tetapkan Harga

Langkah terakhir adalah menetapkan biaya yang kamu bebankan kepada pengguna jasa terhadap masing-masing produk yang ditawarkan.

Tentukan harga yang pas dan sesuai dengan hasil yang kamu berikan kepada klien, jangan terlalu mahal agar klien tidak kabur maupun terlalu murah karena bisa membuat kamu rugi dan kurang berkembang.

Terbukanya peluang pekerjaan apa pun dapat diraih dengan sukses, jika kamu memiliki semangat dan tentunya strategi tepat untuk memulai usaha tersebut, tak terkecuali jasa pembuatan website.

Gunakan beberapa kiat-kiat membangun usaha pembuatan website di atas agar kamu bisa memantapkan langkah.

ANALISA USAHA

Tertarik menjalankan bisnis web developer? Seorang karyawan dan pegawai kantoran pasti ingin punya usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Menurut saya, usaha sampingan yang cocok dengan seorang pegawai sebaiknya memenuhi kriteria ini; tidak menggangu jam kerja pekerjaan utama dan tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan order.

Salah satu profesi yang memenuhi kriteria yang disebutkan di atas adalah menjadi seorang web developer (pembuat website). Web developer yang dimaksud di sini adalah seseorang yang punya keahlian membuat website professional, bukan hanya sekedar membuat sebuah halaman web abal-abal. Menjalankan bisnis web developer adalah sebuah sarana menarik sebagai salah satu usaha sampingan bagi karyawan.

Beberapa alasan menjalakan bisnis web developer adalah sebagai berikut:

  1. Harga sebuah website professional berkisar Rp 500 ribu s/d 10 juta.
  2. Untuk mendapatkan pembeli cukup menggunakan, Facebook, kaskus, Toko Bagus, Google, atau melalui website sendiri. Artinya Anda tetap bisa dapat order meskipun sedang sibuk meeting/ bekerja sebagai karyawan.
  3. Pembuatan website tersebut bisa dilakukan di rumah dan diluar jam kerja (lamanya pembuatan website antara 1 hari s/d 1 minggu saja).
  4. Ketika selesai, cukup menggunakan email maka karya anda sudah sampai ketangan pembeli.
  5. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer.

Maka dari itu memanfaatkan peluang usaha sebagai seorang professional Web Developer merupakan solusi yang menarik. Pertanyaan selanjutnya adalah “berapa modal yang diperlukan untuk membuat sebuah website?”. Jika Anda adalah seorang professional web developer maka modal untuk membuat sebuah website hanyalah Rp 300 ribu. Yang akan anda habiskan untuk membayar Domain (nama sebuah website) dan Hosting (layanan penyimpanan file sebuah website).

Website yang anda jual dengan harga paling murah yaitu Rp 500 ribu biasanya selesai dalam waktu 1 hari. Karena client tidak diperbolehkan meminta macam-macam. Sesuai dengan harganya yang murah. Bayangkan keuntungannya bila anda mendapatkan order senilai 10 juta, jika biaya yang anda keluarkan pun tetap sama. Tentu saja kualitas website yang berharga Rp 10 Juta berbeda dengan yang harganya hanya Rp 500 ribu.

Website berharga Rp 500 ribu biasanya di buat dengan template (WordPress, Joomla, dll), yang terbatas dari segi design dan fungsi-fungsinya. Sama seperti ketika anda membeli baju di seorang designer berkelas. Atau membeli baju secara grosiran. Baju yang anda beli pada seorang designer biasanya hanya anda saja yang memiliki model baju tersebut. Sedangkan jika beli baju grosiran banyak orang memiliki baju yang sama seperti anda.

Referensi: